Uji Kelayakan Usaha Coklat

DATA USAHA
Nama Produk: Tamar Chocholate
Bidang Usaha : Makanan/Kue
Jenis Produk : Coklat Kurma & Kacang Mede
Alamat Perusahaan : Kp. Sindang Pala, Cibening, Pamijahan-Bogor



LATAR BELAKANG ALASAN PEMILIHAN BISNIS
Tamar chocholate (coklat kurma) ide kami membuat usaha ini berawal dari seorang teman yang menyarankan kami membuat coklat kurma, sehubungan dengan menjelangnya bulan ramadhan, kurma tidak lagi asing dan menjadi buah yang khas dengan bulan ramadhan.
Coklat, semua orang dari berbagai kalangan menyukai makanan yang berbau coklat, baik itu kue, permen, atau yang lainnya.
Kurma, adalah buah manis yang sering dijadikan oleh-oleh dari mekah dan begitu dikenal dibulan ramadha, bukan hanya dibulan ramadhan dihari-hari biasa pun kita bisa menemukan buah kurma.
Coklat kurma ini begitu pas dengan momen menjelang lebaran yang pasti banyak orang berburu kue untuk hari raya lebaran, kesempatan itulah yang membuat kami membuat usaha kue coklat kurma ini dibulan juni yang bertepatan dengan bulan ramadhan. Bukan hanya bulan ramadhan coklat juga bisa kita pasarkan dihari perayaan lain seperti valentine dan bisa juga untuk kue ulang tahun, kemampuan kami mengkreasikan makanan coklat bukan hanya coklat kurma tp yang lainnya juga. Semoga usaha kita bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

 ASPEK PEMASARAN:
*      Pemasaran secara makro: dengan cara mengiklankan atau mempromosikan produk kami melalui sosial media berupa facebook, dan bbm.
*      Pemasaran secara mikro: dengan cara mempromosikan langsung dengan membawa sample produk kepada sodara, teman dan tetangga, ada juga yang kami bawa ke bazzar makanan.
ASPEK PRODUKSI

BAHAN-BAHAN:
·         Coklat
·         Kurma
·         Kacang mede

PERALATAN:
·         Peralatan mencairkan coklat
·         Toples
·         Cup cake
·         Plastik segitiga
·         Kertas roti
·         Alas toples

PROSES PRODUKSI:
Buang biji kurma lalu ganti dengan kacang mede yang sudah disanggrai, dan lelehkan coklat setelah coklat meleleh masukan kurma yang sudah di isi kacang mede kedalam coklat yang sudah meleleh, lalu tiriskan diatas kertas roti yang sudah tersedia, dan coklat kurma siap dikemas. Selain coklat kurma kita juga membuat coklat mede prosesnya lelehkan coklat lalu tuangkan kedalam cup cake yang sudah tersusun lalu tambahkan kacang mede diatasnya.

DESAIN PRODUK:
Tamar chocholate ada dua kemasan yaitu toples dan mika kecil untuk satu toples berisi 25, dan mika kecil 3. Untuk toping kami membuat beberapa farian ada yang sesuai pesanan dan ada pula yang kami kreasikan sendiri.
 LAPORAN KEUANGAN
RINCIAN BIAYA
TAMAR CHOCHOLATE
KETERANGAN
HARGA (RP)
COKLAT 1kg
70.000
COKLAT WARNA 2ons
15.000
KURMA 1kg
30.000
KACANG MEDE ½ kg
60.000
KERTAS CAP CAKE
11.000
PLASTIK SEGITIGA
1.000
ALAS TOPLES
2.500
KERTAS ROTI 2 ROLL
3.000
TOPLES 2 LUSIN
50.000
TOTAL
242.500
Keterangan:
Rincian biaya diatas rincian produksi pertama (bulan juni) untuk kemasan toples

ANGGARAN KAS
TAMAR CHOCHOLATE
KETERANGAN
PRODUKSI KE 1 (JUNI)
JUMLAH PENJUALAN
18 TOPLES
HARGA JUAL
30.000
TOTAL PENJUALAN
540.000
PENGELUARAN
   B. PRODUKSI
242.500
   B. TRANSPORTASI
10.000
   B. PRINT
5.000
TOTAL PENGELUARAN
257.500
LABA
282.500

Keterangan: Biaya produksi termasuk bahan-bahan dan peralatan, biaya transportasi 1 kali belanja, biaya print untuk (label/merk), laba 1 kali produksi.
Anggaran kas diatas untuk pembuatan dalam kemasan toples bukan mika kecil.

PENUTUP 
Tamar chocholate makanan/kue yang bisa dijadikan suguhan hari raya atau bisa juga sebagai camilan sehari-hari, terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan insya Allah halal dan proses produksi yang mudah dilakukan, setiap keuntungan yang lebih dari 100% kita masukan dalam anggaran makan/minum dan obat-obatan selama produksi berlangsung jika ada salah satu dari kita sakit. Peluang pasar yang luas karna makanan coklat banyak disukai semua kalangan membuat kami berharap usaha kami bisa berjalan lancar dan tamabah besar dari segi produksi dan pemasaran yang semakin luas.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment